2/03/2009

RIWAYAT HIDUP SINGKAT

Syaripudin lahir pada tanggal 11 Agustus 1966 di desa Tiuh Balak Pasar, kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan dari pasangan H.Basyarudin glr Raja Mesila bin Syaripudin glr Tihang Marga asal Pakuan Ratu dan Hj. Siti ‘Aisyah binti Udin dari Banjar Masin, Baradatu. Di belakang nama Syaripudin ditambah Basyar, nama sang ayah, untuk lebih mengenalkan garis keturunannya. Dalam adat istiadat Lampung, sebagai panggilan kehormatan, ia biasa disapa oleh keluarga besar dan kerabatnya dengan gelar Tihang Marga.

Selepas menamatkan Sekolah Dasar Negeri 2 Setia Negara Baradatu, 1979, ia melanjutkan ke Pondok Modern Gontor Ponorogo Jawa Timur hingga 1985, kemudian selama satu tahun lebih mengabdi di Madrasah Tsanawiyah dan ‘Aliyah Mathla’ul Anwar Baradatu sebagai tenaga pengajar sebelum melanjutkan studinya pada fak. Adab Universitas Islam Negeri Jakarta yang diselesaikan tahun 1991.

Pada tahun 1992, ia menikah dengan Asnah Yusfit S.Pd, asal Sumatera Barat kelahiran Pagar Alam yang kini berprofesi sebagai guru matematika pada MTsN 2 Bandar Lampung dan dikaruniai, Muhammad Ibnoe Nugraha (17 th) kelas 1 SMAN 2, Salsabila Adinda Syarif (9 th) kelas 4 SD al-Azhar Way Halim dan Muhammad Ibnoe Seeda (6 th) duduk di kelas 1 SD Permata Bunda Bandar Lampung.


Karir sebagai pegawai negeri sipil dimulai di staf Humas Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Lampung, 1992, kemudian pindah menjadi dosen fakultas Syari’ah IAIN Raden Fatah Palembang (1994-2000). Setelah pindah ke Palembang, ia melajutkan studi program Magister (S2) dan program Doktor (S3) di almamaternya Universitas Islam Negeri Jakarta (1995-2001). Selesai studi ia diserahi tugas sebagai Wakil Direktur Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang (2000-2005). Kemudian ia kembali ke Lampung menjadi dosen fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan (2005-2007), Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro (2007-2011), dan kini telah menjadi Guru Besar dalam bidang Pemikiran Politik dan Peradaban Islam di STAIN Metro.

Pria yang hoby olahraga sepakbola, bulutangkis, futsal dan tennis lapangan ini, juga aktif menjadi dosen tamu di Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, IAIN Raden Intan Lampung dan Magister Hukum Universitas Bandar Lampung. Di bidang kemasyarakatan, ia aktif sebagai anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan dewan pakar ICMI Bandar Lampung, komandan Resimen Mahasiswa Raden Intan Lampung, ketua harian Islamic Center propinsi Lampung, anggota pengurus Idaroh Wustho Jam’iyyah Ahlit Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdhiyyah propinsi Lampung dan tenaga ahli gubernur Lampung bidang Kesra (2006-2008).

Dengan motto “Hidup Sekali, Hiduplah yang Berarti” dan “Sebaik-Baiknya Manusia adalah yang Paling Bermanfaat bagi Orang Banyak”, ditambah latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimilikinya serta niat yang lurus, insya Allah dengan ridho Allah dan do’a restu masyarakat, dapat mengabdi, berkarya dan beramal soleh yang bermanfaat untuk masyarakat.

0 Comments:

Post a Comment



Comment Box


ShoutMix chat widget

Banner

PuskomSTAINMetro Awan


Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar. (Khalifah ‘Umar)
Template by Abdul Munir | Blog - Layout4all